Sabtu, 26 April 2014

Arti Kebiasaan Bagi Anda


Saya mempunyai seorang teman yang suka menyatakan pendapat-pendapatnya dengan gerakan-gerakan anggota tubuh tertentu. Sering saya perhatikan pada saat telpon, dia juga secara tidak sadar memperagakan gerakan seolah lawan bicaranya dapat melihat gerakannya. Padahal yang menerima telpon tidak mungkin dapat melihatnya, kecuali mereka melakukan komunikasi dengan video. 

Ada pula seseorang yang ketika tampil atau menelpon dengan cara yang sangat berhati-hati, sangat santun, seolah-olah takut dipersalahkan, sehingga suaranya pun sangat lirih hampir tidak terdengar, terkadang manggut-manggut sambil berkata, “ Ya, Pak.”  Kedua orang tadi mempunyai “ kebiasaan “ ini sejak awal saya mengenalnya.

Jika kebiasaan itu bagus, Anda pasti senang memilikinya. Jika tidak, Anda harus berusaha keras untuk mengubahnya, sehingga hidup Anda akan lebih baik. Suatu kebiasaan yang baik, dapat memberikan inspirasi untuk mengatasi segala kebiasaan buruk sehingga dapat menciptakan kehidupan yang jauh lebih baik.

Anda memerlukan kebiasaan yang tepat untuk dapat berperan dengan baik di dalam kehidupan, dan kebiasaan Anda sangat mempengaruhi hidup Anda. Tanpa bantuan kebiasaan, Anda akan berjalan lambat di dalam aktivitas harian, bahkan mengalami kesulitan dalam melakukan hal-hal yang paling sederhana sekalipun.

Contoh sederhana, setiap bangun pagi, kebiasaan Anda adalah menggosok gigi, mandi, memakai pakaian bersih dan sarapan. Jika Anda tidak melakukan kebiasaan ini dan kebiasaan di masyarakat, maka Anda tidak diterima oleh masyarakat sekitar Anda.

Bagi seorang ibu rumah tangga, apa jadinya apabila Anda lupa bagaimana cara memasak sarapan untuk suami Anda, membersihkan tempat tidur, mencuci piring? Bagi seorang penjual di toko, apa jadinya apabila Anda tidak membiasakan diri berpakaian rapi, menyapa pelanggan secara sopan dan mengetahui harga setiap barang yang dijual?

Bagi beberapa orang, suatu kebiasaan bisa sangat berguna, tetapi untuk orang lain mungkin akan merusak. Seseorang yang merokok tiga pak sehari telah menjadikan suatu kebiasaan menjadi hal yang merusak.  Seorang karyawan yang memiliki kebiasaan datang terlambat, menjadikan kebiasaan yang menghambat kariernya sendiri.

Semua kebiasaan Anda dapat menjadi “teman“ atau “musuh“ bagi Anda. Ia dapat membantu atau menjatuhkan Anda. Gunakanlah kemampuan untuk mengembangkan kebiasaan yang membangun, yang akan membawa Anda ke suatu aktivitas yang positif, yang menyenangkan. 

Mengubah kebiasaan bukan hal yang mudah, tetapi bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya. Marilah kita buang kebiasaan-kebiasaan negatif yang menjadi tembok penghalang untuk mencapai sukses dan kebahagiaan. Jangan biarkan kita terjebak didalam lingkaran yang tidak tentu arahnya.

Biasakanlah dari awal, selalu mendorong diri Anda sendiri meraih segala tujuan hidup walaupun banyak yang merintangi, maka Anda tidak akan pernah merasa putus asa, dan kebiasaan itu akan menjadi modal yang layak untuk mencapai sukses dan bahagia, apa pun yang terjadi.  Berupayalah untuk membentuk kebiasaan, bukan dibentuk oleh kebiasaan.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar