Selasa, 08 April 2014

Keberhasilan Setiap Hari


Selama tahun 2013 bisnis Oto Kits mengalami kenaikan cukup pesat, setelah ada beberapa karyawan berpengalaman yang baru direkrut oleh perusahaan. Apalagi dengan penggunaan sistim poin pada penjualan yang harus dicapai setiap bulannya, sangat memudahkan dalam memantau profit.

Tapi pada tahun 2014 mengalami penurunan pencapaian penjualan di bawah target. Semua orang berpikir bahwa situasi bisnis sedang sulit, menurut mereka kegagalannya sangat wajar karena hanya beberapa puluh poin di bawah target yang ditentukan.

Naik turun pencapaian prestasi kerja memang sering dialami oleh semua orang. Demikian juga yang terjadi di sebuah perusahaan lain. Anto dan tim penjualannya yang selama dua tahun berturut-turut selalu melampui target, bulan lalu juga mengalami kegagalan. Tapi bukannya pengertian yang diperolehnya dari sang atasan, sebaliknya atasannya marah-marah.

Anto pun merasa kesal, seakan-akan usahanya selama dua tahun ini sia-sia. Seakan-akan atasannya sudah melupakan prestasi kerjanya selama ini.  Namun ada salah seorang anak buah Anto, seorang karyawan yang baru tiga bulan yang bernama Tia, yang tidak terpengaruh dengan situasi ini.

Tia segera mengeluarkan seluruh data pelanggan, kemudian menelponi satu persatu. Memang tidak semua mendapat respons, tetapi beberapa pelanggan dapat dihubungi.  Pada saat semua orang sedih dan kecewa dan tidak berhasil melakukan apa-apa, Tia memperoleh order dan beberapa transaksi. 

Melihat hal ini, semua karyawan  bagian penjualan mencoba kembali fokus pada pekerjaan mereka masing-masing, kecuali Anto yang masih uring-uringan. Hari itu Anto masih tidak konsentrasi bekerja, hatinya masih tidak dapat menerima omelan atasannya. “ Kan baru satu kali gagal ? Kalau berapa bulan berturut-turut, bolehlah marah, “ Anto berkata dalam hati.

Keesokan harinya, Tia pun dengan semangat berhasil melakukan penjualan lagi. Keberhasilan Tia yang terhitung masih karyawan baru  melakukan tugasnya dengan baik, memberikan angin segar bagi semua orang. Anto sendiri juga ikut merasa lebih segar hari itu. 

Semua orang bertanya mengapa Tia bisa seperti itu. Dengan polos Tia bercerita bahwa kemarin pada saat atasannya marah-marah, ada satu kalimat yang sangat diingat olehnya. Atasannya berkata, “ Jangan hanya bangga dengan keberhasilan masa lalu ! Itu hanya kenangan. Kebanggaan tidak ada gunanya kalau keberhasilan masa lalu tidak dipertahankan. Buatlah diri kalian bangga dengan keberhasilan setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan !”

Mendengar kata-kata itu, Tia mendapat inspirasi baru. Betul juga, ya ? Seringkali kita terlena degan keberhasilan masa lalu, kemudian semangat menurun dan tidak fokus lagi, sehingga tanpa terasa mengalami kemerosotan.

Kalau setiap hari kita bisa membuat keberhasilan, pasti minggu yang kita jalani juga akan menjadi minggu yang berhasil. Jika setiap minggu adalah minggu yang berhasil, maka sudah pasti bulan itu akan menjadi bulan yang berhasil. Jadi kuncinya adalah mencari keberhasilan setiap hari. Lebih mudah dan lebih ringan dilakukan. 

Buatlah diri Anda bangga dengan keberhasilan setiap hari !

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar