Sabtu, 19 April 2014

Ketidaktahuan


Ada seorang bapak tua yang berumur tujuh puluhan, turun dari mobil toyota inova. Saya melihat dia terlibat pembicaraan dengan seorang petugas sales counter di bengkel saya, ternyata mengeluhkan sensor parkirnya tidak berfungsi setelah bemper belakangnya terkena benturan semalam. 

Kebetulan saya pas senggang sehingga saya yang memeriksanya. Biasanya sensor parkir itu jarang tidak berfungsi kalau hanya benturan kecil, sepintas saya lihat bempernya tidak ada bekas benturan keras. Kemungkinannya tombol on off nya yang di panel tersentuh. Mungkin karena ketidaktahuan pemilik kendaraan dan betul juga, tombolnya off.

Ketidaktahuan bukan berarti bodoh dan tidak selalu menjadi hal yang merugikan, kadang juga ada manfaatnya bagi kita dalam menjalani kehidupan. Ketidaktahuan akan berita-berita gosip atau yang tidak mutu, akan membuat pikiran kita bersih dan jauh dari sampah-sampah yang tidak bermanfaat. 


Ketidaktahuan kapan waktunya kita mati, membuat kita menghargai hidup dan berupaya membuat hidup lebih berarti. Coba andaikan dokter memvonis hidup Anda tinggal sekian bulan, kita pasti stress setengah mati. Boleh jadi Anda akan lebih cepat meninggal karena takut dan cemas yang berlebihan.

Karena ketidaktahuan kita kapan waktunya meninggal akan membuat kita menjaga dan berbenah diri, mengumpulkan bekal amal kebaikan untuk kelak di akhirat. Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang dan ketika kita mati, nama buruk atau nama baik yang akan kita tinggalkan.

Ketidaktahuan terhadap banyaknya rejeki yang akan kita terima selama hidup di dunia, membuat kita terus berusaha dan bekerja keras. Ketidaktahuan kita terhadap jatah rejeki membuat kita ingin meningkatkan diri dan tidak bermalas-malasan agar bisa memperoleh rejeki sebanyak-banyaknya.

Jika kita sudah tahu seberapa besar jatah rejeki kita , tentu hidup menjadi tidak menarik lagi. Anda tidak akan mempunyai semangat lagi bila tahu jatah rejekinya sudah habis, dan bagi yang rejekinya masih berlebih mungkin akan menjadi sombong dan semena-mena. Misteri membuat hidup ini lebih indah.

Ketidaktahuan akan jodoh bagi yang masih belum punya pasangan juga membuat mereka menjaga penampilan, bersemangat untuk menemukan seseorang yang terbaik bagi diri mereka, yang layak dicintai. Peluang mendapatkan jodoh yang hebat akan masuk akal, bila Anda juga memantaskan diri menjadi seorang calon pasangan yang hebat.

Ketidaktahuan akan hari esok membuat kita harus memiliki rencana-rencana dan tujuan sebagai persiapan menghadapi hari esok. Ketidaktahuan akan hari esok bukanlah sesuatu yang perlu kita cemaskan karena kita bisa meyakini bahwa Tuhan yang mengasihi kita adalah yang menguasai hari esok, dan akan membuat hidup kita menjadi lebih hidup.

Ketidaktahuan akan hari esok membuat kita terus hidup dengan penuh pengharapan. Dengan memelihara ketidaktahuan akan hari esok, menjadikan hidup yang baik penuh kerendahan hati akan terus terpelihara. Ketidaktahuan yang terpelihara akan menjaga kita selalu sadar sebagai seorang hamba yang sangat bergantung kepada-Nya. Marilah kita pelihara ketidaktahuan ini dengan kesadaran sepenuhnya sebagai umat manusia.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Ketidaktahuan membuat kita terus mencari dan belajar...
    Banyak yang kita tidak tahu membuat kita semakin banyak belajar...
    Terima kasih Pak Han, Sukses, Salam Hidup Luar Biasa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau disikapi dengan positif, pasti hasilnya juga positif. Semoga sukses, yaa...terus belajar.

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus