Senin, 19 Mei 2014

Pejuang Dan Pencari


Banyak orang yang tadinya berprestasi rendah menjadi berprestasi super ketika menemukan passion mereka. Sebut saja, Albert Einstein seorang ilmuwan, Bill Gates pendiri Microsoft, Michael Eisner, CEO Disney, Larry King pembawa acara TV, dan masih banyak lagi. Energi yang luar biasa besar akan muncul dari dalam ketika Anda mencintai apa yang Anda lakukan.

Einstein bukanlah Einstein saat dia masih delapan tahun. Albert kecil benar-benar seorang anak yang berprestasi rendah, yang sulit bicara ketika usia tiga tahun, mengalami kesulitan belajar di sekolah, dan bekerja bertahun-tahun sebagai pegawai rendahan di suatu kantor paten.

Namun, ketika ia mengikuti passionnya di bidang fisika, ia mengembangkan teori Relativitas dan menjadi fisikawan terbesar di dunia. Anak-anak yang saat ini berprestasi rendah dapat berubah menjadi Einstein-Einstein masa depan, jika mereka bisa menemukan passionnya.

Passion memang sangat penting dalam meraih kesuksesan, tetapi yang menjadi masalah bagaimana menemukan passion Anda tersebut. Memang ada beberapa anak yang tahu bahwa ia ingin menjadi dokter atau pilot pada saat mereka masih sepuluh tahun. Saya menyebut orang-orang seperti ini sebagai “ pejuang “ karena mereka tahu apa yang mereka inginkan dan berjuang menuju kesana.

Tetapi saya menemukan kelompok orang sukses yang jumlahnya bahkan lebih banyak, yang saya sebut “ pencari “, karena mereka tidak memiliki petunjuk tentang passion mereka dan oleh karena itu mereka mencari tahu. Jika Anda sekarang sedang berpikir, “ Apa yang salah ?, Aku tidak tahu apa yang aku sukai “, selamat bergabung disini.

Menjadi seorang pencari, sebenarnya memberikan keuntungan, karena Anda tidak berada di jalur yang sudah digariskan. Anda dapat terjerumus ke dalam hutan belantara yang belum terjamah dan menemukan dunia baru. Columbus yang sedang mencari jalur menuju India Timur malahan menemukan dunia baru, Amerika.

Saya pun termasuk pencari, saya menghabiskan tiga puluh tahun lebih untuk menemukan apa yang saya cari. Saya pernah menjadi seorang pedagang burung merpati, seorang nelayan, pegawai gudang tekstil, pegawai Pertamina dan saya lebih menyukai yang sekarang ini. Ada sesuatu yang mendorongku ke suatu arah tertentu, dan yang perlu saya lakukan hanya mengikutinya. Bagian tersulit adalah mengetahui dan memahami dorongan apakah itu.

Phill Colin sebelumnya adalah seorang penabuh drum dari band Genesis. Ketika Gabriel sang vokalis memutuskan keluar untuk melakukan solo karier, Genesis kesulitan mencari penggantinya meskipun sudah mengaudisi lebih dari 400 orang. Akhirnya Phill Collin memberanikan diri menjadi lead vocal dan malah sukses besar melampaui penyanyi sebelumnya. Bahkan sukses pula dalam bersolo karier.

Akan tetapi terkadang kita takut untuk mengakui bahwa kita tidak tahu apa yang ingin kita lakukan, karena kita sering mendengar bualan seseorang. Bukan berarti lebih buruk atau lebih baik dibanding seorang pejuang yang tidak perlu gelisah karena tahu tujuannya. Ini hanyalah beda jalannya saja.

Jalan yang dilalui seorang pencari adalah berkelana tanpa arah yang jelas dalam pencarian passion yang tidak diketahuinya, namun tetap saja sampai ke tujuan yang tepat, mungkin saja suatu tujuan baru yang belum terjelajah. Sesungguhnya, untuk sampai ke tujuan tersebut, Anda tidak perlu tahu arah perjalanan Anda bila Anda bertekun dan mencintai apa yang Anda lakukan. Dahulu pun saya tidak tahu apa yang saya inginkan dalam hidup ini. Bagaimana dengan Anda ?

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar