Senin, 12 Mei 2014

Tenggat Waktu ( Deadline )


Berdasarkan wikipedia, tenggat waktu adalah istilah yang dipergunakan untuk menentukan batas akhir melakukan sesuatu. Dalam profesi jurnalisme khususnya, tenggat waktu adalah dimasukkannya berita oleh para wartawan agar dapat dicetak pada publikasi atau penayangan berikutnya. Sehingga istilah kejar tayang juga dipergunakan untuk mengekspresikan krisis waktu dalam menyelesaikan sesuatu.

Tenggat waktu sering dipergunakan orang-orang sebagai strategi untuk memotivasi diri mereka dalam mencapai tujuan. Yang membedakan mimpi orang tidur dengan mimpi untuk sukses adalah karena mimpi yang satunya memiliki tenggat waktu. Kita lebih sering menyebutnya goals, yaitu mimpi yang diberi tanggal atau batas waktu untuk pencapaiannya.

Setiap hari saya menggunakan tenggat waktu untuk menyelesaikan sebuah tulisan setiap harinya. Saya hanya duduk di depan laptop, memeras otak dan jadilah. Saya harus membuat bahasan yang baru dan bahasan yang baru selalu muncul, dan mulailah saya menulis sampai selesai. Tidak ada motivator yang lebih baik daripada tenggat waktu.

Anda mungkin pernah mendengar saya berkali-kali mengatakan bahwa pada tanggal 30 Maret 2015 bengkel variasi mobil Oto Kits akan di buka di kota Wonosobo, tepatnya di sebelah SPBU Kalierang. Apabila Anda berkunjung atau lewat sana mungkin Anda kaget karena tinggal sepuluh bulan lagi belum ada tanda-tanda mulai pembangunan, masih berupa tanah kosong yang ditumbuhi rumput dan ilalang. 

Target saya awal Juli mulai pembangunan, saat ini sedang pengurusan surat-surat dan ijin-ijin sambil menunggu gambar. Saya sering menggunakan tenggat waktu sebagai dorongan, karena bekerja di bawah tekanan tenggat waktu akan memberikan tantangan untuk menyelesaikannya dengan mengerahkan segenap kekuatan. Walau pun saya tidak begitu menyukai tekanannya, tapi tampaknya cukup bermanfaat. 

Kita harus memiliki tenggat waktu, sebab jika kita tidak memilikinya maka kita hanya akan menunda-nunda, seperti ketika dulu saya ingin meneruskan kuliah untuk mengambil S1 sambil bekerja di Pertamina. Saya menundanya sampai kehilangan momentum dan akhirnya keinginan itu pun padam dan terabaikan, meskipun semua hal mendukung.

Ketika J.K Rowling mulai menulis Harry Porter, yang menentukan tenggat waktu penulisannya bukan dari pihak penerbit, melainkan anaknya yang masih kecil. Katanya, “ Jika kita memiliki tenggat waktu yang sangat terbatas, betapa menakjubkannya karena begitu banyak yang dapat kita kerjakan. Aku mungkin takkan pernah seproduktif ini sebelumnya, jika dinilai dari jumlah kata-kata per jamnya.”

Orang-orang sukses memotivasi diri mereka sendiri untuk mengatasi rasa malu, rasa ragu dan takut. Mereka mendorong batas-batasnya. Semua pencapaian diperoleh dengan mendorong diri sendiri dengan menggunakan berbagai cara, hingga akhirnya membuat mereka benar-benar melakukannya. Salah satu caranya adalah memanfaatkan tekanan tenggat waktu untuk terus mendorong mereka.

Jadi, gunakanlah selalu tenggat waktu untuk tujuan, target pekerjaan, mimpi-mimpi Anda, kemudian ikutilah cara orang-orang sukses ketika berhadapan dengan tenggat waktu, mereka memperlakukan tenggat waktu sebagai teman yang selalu memberikan dorongan semangat, memotivasi mereka untuk mencapai tujuan. Dengan teman semacam tenggat waktu, kita tidak memerlukan musuh. 

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Terima kasih pak HANDOJO
    Telah mengingatkan salah satu faktor penting dlm mencapai kesuksesan, yaitu : tenggat waktu.
    Dengan adanya tenggat waktu, maka kita akan bekerja secara terjadwal dan bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan kita.
    Tetapi meskipun nampaknya sepele, menentukan tenggat waktu memerlukan kejelian, sehingga tenggat waktu yg kita tentukan adalah tenggat waktu yg terukur.
    Salam Sukses Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menentukan tenggat waktu juga memerlukan keberanian, mas....kalau terlalu diperhitungkan, bisa memperlambat pencapaian....be smart and be brave !

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus