Rabu, 07 Mei 2014

Peremeh Yang Menyemangati


Banyak orang mengatakan bahwa para mentor memiliki peran yang amat penting dalam kesuksesan mereka. Seorang mentor adalah orang yang mendukung kita, memberikan nasihat, dorongan atau motivasi agar kita dapat mendorong diri kita sendiri mencapai apa yang kita inginkan.

Tetapi ada juga orang yang tidak benar-benar mendukung kita, mereka mendorong kita dengan cara yang tidak manis. Saya menyebutnya sebagai “ peremeh “ karena mereka meremehkan kemampuan kita, mereka seolah menghina kita, menekan kita tapi mereka sebenarnya memberikan cambukan pada punggung kita walau bukan dengan tepukan ramah penyemangat.

Kita bisa saja membiarkan para peremeh itu menghancurkan diri kita, atau sebaliknya kita dapat menggunakan atau memanfaatkan mereka sebagai tenaga yang sangat besar dengan membuktikan bahwa mereka salah menilai diri kita. Kadang kala, dorongan semacam ini bisa membawa kita lebih jauh daripada yang pernah kita bayangkan.

Amy Tan seorang penulis best seller mengatakan sindiran seorang bos mendorongnya mati-matian berusaha dan bekerja keras menjadi penulis, “ Kamu beruntung jika sampai kamu bisa menghasilkan sepeser uang dari situ.” Edward Brutynsky seorang fotografer kawakan benar-benar marah dan ingin membuktikan bahwa ayahnya salah dengan mengatakan bahwa ia tidak akan bisa berhasil dalam hal apa pun.

Dosen Kimia saya di Akamigas Cepu, pernah mengatakan kepada saya, ketika hari pertama kuliah, ” Test masuknya ranking satu, tetapi lulusnya nanti belum tentu “. Membuatku agak tersinggung dan marah karena sangat meremehkanku. Dan saya berjanji dalam hati, membuat komitmen dan belajar dengan keras sehingga saya berhasil lulus nomor satu.

Beberapa waktu yang lampau, ketika saya sedang presentasi di depan orang banyak, salah seorang peserta menghina saya, katanya, “ Bagaimana mungkin Anda bercerita tentang bisnis yang hasilnya milyaran, sekarang saja Anda masih pakai sepeda motor”. Terus terang saya sakit hati saat itu, wajah saya merah padam meredam kemarahan yang tak terungkapkan.

Saya ingat baik-baik nama orang itu dan kemudian akan saya buktikan dan tunjukkan kelak kalau dia keliru menilai saya. Saya pasti akan menemukan caranya untuk sukses memiliki bisnis milyaran. Saya akan bekerja sangat keras karena lebih baik mati daripada mengijinkan orang ini mengira saya tidak bisa melakukan sesuatu. 

Sekarang saya tidak menganjurkan siapa pun untuk meremehkan orang lain. Karena hal itu tidak menyenangkan dan menyakiti seseorang. Namun para peremeh seperti guru kimiaku dan salah satu peserta telah memacu saya untuk mengerjakan sesuatu dengan sangat baik. Saya merasa mendapat tambahan energi yang menimbulkan sikap pantang menyerah, sampai berhasil.

Jika Anda melihat diri Anda juga di bawah pengaruh orang-orang yang meremehkan Anda atau merendahkan Anda, gunakanlah mereka sebagai tenaga yang menggerakkan Anda untuk maju ke depan. Jangan biarkan Anda dikalahkan oleh mereka. Anggaplah mereka sebagai peremeh yang menyemangati Anda, agar mereka dapat melihat betapa suksesnya Anda sekarang dan mereka akan kecele sepanjang hidup mereka.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. Luar Biasa Pak,...
    Ini sangat menginspirasi sekali bagi saya,

    Ada pepatah kuno yang mengatakan;...
    A great victory is the best revenge...Sebuah kemenangan besar adalah balas dendam terbaik.

    Yang sering terjadi adalah kita dendam dengan orang yang menghina kita, bukan malah kita berusaha untuk MEMATAHKAN apa yang telah mereka katakan dengan menunjukkan KEMENANGAN BESAR,...
    Saya salut dengan Pak Han yang memiliki "POSITIVE MENTAL ATTITUDE" dan betul-betul
    bisa menggunakan-nya untuk meraih "KEMENANGAN BESAR".

    Ahli PARADIGMA "Bob Proctor" pernah mengatakan;...
    What they think doesn't matter,
    What you think is everything it determines your results.

    kemudian "Brian Tracy" juga pernah mengatakan;...
    It's not what happen to you, but how you respond to what happen to you.

    ditambah Lagi "Jim Rohn" juga pernah mengatakan;...
    It's not what happen that determine your life future,
    It's what you do about what happen.

    jadi dapat ditarik kesimpulan,
    seperti Lagu yang dibawakan oleh CELINE DION berjudul "The Power of The Dream"
    bahwa;...
    Your mind will take you far,
    the rest is just your heart,
    you'll find your fate is all your own creation.

    Terima Kasih Pak,
    Salam Sukses, HIDUP LUAR BIASA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar Biasa, mas Nuzul....komentar Anda sangat lengkap, berbobot dan menambah motivasi saya dan rekan-rekan pecinta blog ini.

      Setiap kali posting, saya selalu menunggu kapan Nuzul Kurniawan menuliskan komentarnya. Terus pertahankan kelebihan Anda yang satu ini, kupas lebih dalam bila perlu semua artikel jangan ada yang terlewati, karena ketika Anda sedang membagikan pada orang lain, Anda juga sedang belajar untuk diri Anda sendiri. Bahasa Inggris Anda termasuk yang terbaik dari sekian banyak karyawan SPBU Gelora Group. Salut, mas.

      Terima kasih atas partisipasi Anda selama ini. Salam Sukses, Hidup Luar Biasa !

      Hapus
  2. Terima kasih pak Handojo dan mas Nuzul, untuk tulisan2nya yg inspriratif.
    semoga tak pernah jemu untuk terus berbagi ilmu.
    salam sukses Hidup luar biasa!

    BalasHapus