Jumat, 09 Mei 2014

Sepuluh Tahun


Hari ini, tepat sepuluh tahun saya bergabung bersama Gelora Group. Berdasarkan riset, ada yang mengatakan bahwa kesuksesan butuh waktu sepuluh tahun, sedangkan untuk menjadi expert butuh waktu berlatih sepuluh ribu jam. Ya, kesuksesan memang butuh waktu. Saya pikir, sepuluh tahun adalah waktu yang cukup wajar dan masuk akal untuk ditempuh.

Butuh waktu sepuluh tahun membangun keprofesionalan saya dalam memimpin perusahaan, tidak seketika saya menjadi seseorang yang mampu. Butuh waktu sepuluh tahun juga ketika saya menjadi pengurus olah raga catur Percasi, dua kali menjabat sebagai ketua umum pengurus kabupaten dan tahun ini dinominasikan menjadi orang nomor satu dalam organisasi ini di Jawa Tengah.

Meraih sesuatu yang baik, pasti tidaklah mudah atau cepat, sehingga apabila target sukses adalah sepuluh tahun, maka kita memerlukan ketekunan. Tidak peduli apa sebutannya, ketekunan berarti kemampuan untuk terus berjuang, baik dalam kegagalan, rasa sakit, penolakan, kritikan, omong kosong atau pun kemunduran.

Saat saya menjalankan bisnis menjual produk perawatan rumah dari pintu ke pintu, saya juga diajari harus tekun. Mentor saya bilang, “ Anda harus tekun karena akan ada 50 pintu yang dibanting, tapi pintu ke 51 akan terbuka.” Pelajaran ini sungguh membantu, dan masih saya pergunakan sampai saat ini ketika menghadapi penolakan-penolakan.

“ Sepuluh tahun bukan waktu yang singkat, “ saya mengatakan ini bukan untuk membuat Anda takut dan depresi. Ini saya lakukan supaya Anda tidak merasa tertekan ketika mencanangkan suatu perubahan dalam beberapa bulan ke depan, namun setelah satu tahun Anda masih terus berkutat disitu.  Ketika hal itu terjadi, Anda mengerti kenapa harus tetap berada disitu tanpa punya keinginan berhenti.

Sebuah studi mengatakan dibutuhkan rata-rata waktu sepuluh tahun untuk menjadi seorang juara catur. ( Saya sudah berkecimpung dalam dunia ini selama tiga puluh tahun, dan masih menunggu menjadi seorang juara ). Ken Bradshaw pemegang rekor dunia untuk selancar ombak terbesar mengatakan, “ Setidaknya butuh waktu sepuluh tahun untuk mampu menunggangi ombak monster seperti yang terlihat di TV.”

Sebagai tambahan, perjalanan sepuluh tahun juga berlaku bagi beberapa proyek. Albert Einstein menghabiskan sepuluh tahun untuk memublikasikan Teori Relativitas. CEO Microsoft Steve Ballmer berkata bahwa microsoft membutuhkan hampir sepuluh tahun lamanya untuk mendapatkan versi Windows yang paling sukses. Butuh waktu sepuluh tahun untuk mengembangkan BlackBerry, dan sepuluh tahun untuk mesin pencari Google.

Ketekunan menjalani proses sepuluh tahun menjadi sangat penting bagi kita, karena kita memiliki banyak sekali kata untuk mengungkapkan daya tahan, ketabahan, stamina, determinasi, teguh dan ketegaran. Seorang teman yang sukses lebih memilih menggunakan kata ketangguhan ( tenacity ), dia biasa berkata, “ Inilah rahasia yang telah mengantarkanku pada tujuan. Kekuatan sepenuhnya ada pada ketangguhanku.”

Jika Anda dapat bertahan disana, berproses dan tidak membiarkan perjalanan Anda terhalang oleh tembok-tembok, suatu hari Anda terbangun dan sadar bahwa Anda juga telah ikut di “ klub sukses sepuluh tahun ”.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Saya telah menjalankan bisnis saya selama 8 tahun (sejak 2006), semoga bisa terus bertahan untuk menemukan "pintu ke 51" dan berhasil ikut di "klub sukses 10 tahun".
    Terima kasih kepada pak Handojo yg senantiasa memberikan "semangat baru" dan dukungan kepada saya unt terus maju.
    salam sukses hidup luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal dua tahun lagi, berarti sudah dekat dengan kesuksesan. Maju terus, make it better, upayakan apa pun yang dibutuhkan untuk sukses.

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus