Senin, 09 Juni 2014

Melakukan Hal yang Sama Terus-menerus


Ada sekelompok orang yang jauh lebih tekun dari kelompok yang lain. Jika mereka tidak mencapai hasil yang dituju, mereka tidak berhenti. Mereka akan mendorong diri mereka untuk bertindak lebih keras lagi. Mereka berkeyakinan, “ Jika saya berusaha terus, pada akhirnya saya akan sukses.”

Jadi, mereka terus melakukan tindakan, lebih banyak mencurahkan tenaga dan upaya. Tidak peduli lagi berapa kali mereka gagal, mereka akan terus mencoba lebih keras dan lebih keras lagi. Apakah pada akhirnya mereka berhasil ? 

Ketika hal ini saya tanyakan hal ini kepada para peserta training, sebagian besar menjawab “ya” dan sebagian lain memilih diam karena ragu dan tidak berani menjawab tidak. Jawaban yang benar adalah ‘tergantung’.

Jika target mereka kecil dan sederhana, mereka mungkin akan sukses dengan waktu dan upaya yang cukup. Namun jika mereka menentukan target yang besar dan luar biasa, misalkan saja : jadi yang terbaik di bidang mereka. Mereka tidak akan pernah sukses hanya dengan mencoba lebih keras dan mencoba lagi. Jika hasilnya lebih baik, itu pasti, namun mereka belum tentu mencapai sukses seperti yang diharapkan.

Jika Anda terus menerus melakukan pendekatan yang sama untuk melakukan sesuatu, Anda akan terus memperoleh hasil yang sama. Anda memang harus terus melakukan tindakan, namun harus mengubah cara dengan strategi yang baru. Saya sering menyaksikan begitu banyak orang yang tidak memiliki kesadaran ini, sehingga mengulangi pola yang membatasi ini.

Saya kenal banyak pelaku bisnis yang gagal dalam bisnisnya dan mereka memulai lagi tetapi tetap melakukan hal yang sama. Mereka terus memasang iklan yang tidak ada hasil, mereka tetap mempekerjakan orang yang tidak efektif, atau mereka tetap menggunakan model bisnis yang sama.

Saya pernah melihat tenaga sales yang mencurahkan waktu dan tenaga lebih banyak setiap bulan, tanpa peningkatan angka penjualan yang signifikan. Mereka terus saja membidik pelanggan yang salah, menjual dengan cara yang sama, dan melakukan presentasi yang tidak efektif. Pada akhirnya mereka kecewa, frustasi dan menyerah karena hilang keyakinan.

Berapa banyak karyawan yang bekerja dengan cara yang sama dari tahun ke tahun, walau pun karirnya jalan di tempat ? Mereka tidak mau mengembangkan cara yang lebih efektif sehingga bisa menambah porsi pekerjaan mereka atau memberi nilai tambah pada hasil pekerjaannya. Padahal jelas-jelas cara yang lama tidak membuat mereka lebih meningkat.

Semua orang sukses menunjukkan pola yang berbeda, ketika mereka tidak mencapai target mereka, mereka  menganggapnya sebagai umpan balik bukan kegagalan. Dianggap sebagai bahan masukan yang menyatakan bahwa strategi yang telah mereka gunakan tidak efektif atau mereka yang tidak cukup mengambil tindakan. 

Kemudian mereka menggunakan umpan balik ini untuk segera merubah strategi yang lebih baik dan mengambil tindakan lagi. Jika mereka tetap tidak berhasil, mereka mendapat umpan balik yang lebih banyak lagi, mengubah strategi dan mengambil tindakan lagi. Mereka terus mengulang proses ini sampai mereka berhasil mendapatkan apa yang mereka yang inginkan. Setiap kali mereka tidak mendapatkan hasil yang sesuai, itu berarti kehidupan sedang memberi mereka pelajaran. Sesuatu yang membantu mereka menyesuaikan pendekatan mereka sampai mencapai target. 

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. Betul pak Han, saya termasuk org yg seringkali melakukan cara2 yg sama, meskipun cara2 itu telah terbukti tidak efektif.
    Dan saya juga terlalu lama membiarkan org2 yg kurang produktif unt terus bekerja di tempat saya (dgn pertimbangan kemanusiaan/kasihan kalo di PHK).
    Ternyata hal2 seperti itu telah membuat sy berada dlm kesulitan.
    Terima kasih kepada pak Handojo, yg beberapa kali telah mengingatkan kepada saya tentang hal ini.
    Salam sukses Hidup luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap perubahan mengandung konsekuensi, pak Ishak. Kita seringkali menunda-nunda keputusan untuk berubah karena belum merasakan kesakitan yang sangat, yang memaksa kita.. Tapi ketika saat itu datang biasanya sudah terlambat, kesulitan sudah semakin dalam dan sulit diatasi, menyesal pun sudah tidak ada gunanya. Lakukanlah apa yang harus Anda lakukan, bukan hanya yang ingin Anda lakukan. Do the right things.

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus
  2. Saya setuju pak Han......

    GAGAL adalah awal dari kesuksesan yang tertunda, mencoba dan terus mencoba sampai mendapatkan apa yang kita inginkan.

    Hal yang baru adalah tantangan bagi hidup saya agar bisa meningkatkan kualitas diri saya untuk lebih maju lagi, inovasi" baru inilah yang sedang saya cari untuk menggali potensi yang ada dalam diri saya.

    Salam Sukses, Hidup Luar Biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat bergabung di blog ini, mas Faiz. Terus belajar, gali potensi Anda sehingga Anda dapat mengeluarkan kemampuan yang maksimal untuk memperoleh hidup yang luar biasa. Hidup yang sungguh-sungguh Anda inginkan. Selamat berjuang !

      Salam Sukses, Hidup Luar biasa.

      Hapus