Sabtu, 28 Juni 2014

Pikiran Alternatif

Perjalananan Semarang – Cilacap pulang pergi menggunakan mobil benar-benar melelahkan. Apalagi agak kesiangan berangkat dari rumah, sehingga jalanan sudah mulai macet karena pengguna jalan raya sudah semakin ramai dan pada beberapa titik ruas jalan ada perbaikan menjelang lebaran.

Jalan-jalan alternatif menjadi pilihan untuk sampai lebih cepat dan lebih lancar ke tujuan, walaupun mungkin menghadapi kendala yang belum kita ketahui di tengah perjalanan. Demikian pula di dalam kehidupan, seringkali kita terbentur masalah yang membuat kita harus mencari jalan alternatif agar bisa mengatasinya.

Apabila kita selalu mau berpikir dan bertindak dengan keyakinan bahwa alternatif itu benar-benar ada, maka kita akan terbebas dari banyak masalah. Saat Anda tengah melakukan sesuatu, ingatlah bahwa ada cara lain yang dapat digunakan. Termasuk bagaimana cara menjalani kehidupan sehari-hari.

Seorang petani di suatu lembah mengendarai truk membawa hasil pertaniannya ke kota seminggu sekali. Dia melintasi jalan tanah berbatu yang buruk dan tidak rata. Dua tahun dia melintasi jalan itu. Suatu hari dia berpikir apakah ada jalan lain menuju kota dan ternyata ada. Sebenarnya selama dua tahun itu dia bisa melewati jalan yang rata dengan kecepatan tinggi.

Kecerdikan sang petani untuk memikirkan dan mencari sebuah alternatif, membebaskannya dari jalan yang tidak rata itu. Demikian pula ketika kita memikirkan ‘sesuatu yang beda’ , kita dapat membebaskan diri dari perjalanan hidup yang tidak mulus.

Kembangkanlah pikiran alternatif dengan mengingat hal-hal seperti berikut, ‘ cara yang lebih baik’, ‘cara yang lebih sederhana’, ’cara yang lebih cepat’, ‘cara yang lebih membahagiakan’, ‘cara yang lebih menyenangkan’, ‘cara yang lebih efisien dan efektif’, dan seterusnya. Lihatlah kemungkinan beragam alternatif yang lebih mudah, sederhana dan lebih berdaya guna.

Seabad yang lalu dunia digemparkan oleh penyakit yang tidak diketahui apa penyebabnya. Misteri tentang penyakit tersebut terkuak dan teratasi lantaran Sigmund Freud berhasil mengungkapkan penyebabnya adalah karena dipicu oleh emosi. Dia merupakan pemikir yang senantiasa mencari alternatif sebagai jalan keluar.

Mesin penjumlah modern yang pertama akhirnya berhasil ditemukan karena William S.Burroughs seorang lulusan universitas Havard yang menghadapi selusin pertanyaan mekanis yang kompleks. Dia selalu memusatkan perhatian pada jalan keluar. Dengan kata lain, jadilah orang yang semangat memikirkan jalan keluar dengan alternatif-alternatif.

Pikiran memberi kita kekuatan, demikian pula sebaliknya. Kita pun memberikan kekuatan kepada pikiran. Berikanlah kekuatan hanya kepada pikiran positif. Kita tidak boleh memberikan kekuatan kepada pikiran negatif sehingga ketika kita berhenti memberinya kekuatan, itulah saat dimana semua masalah hilang.

Siapa pun yang mengembangkan pikiran-pikiran alternatif, ia akan selalu menemukan apa yang dicarinya. Jangan memperumit pikiran tapi lihatlah beraneka ragam alternatif. Selalu katakan kepada diri sendiri, “ Saya menyadari bahwa segala yang sulit dan rumit adalah salah. Saya mempunyai cara yang lebih baik, lebih mudah dan lebih sederhana karena memang seharusnya demikian.”

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar