Selasa, 10 Juni 2014

Nilai Apa Yang Anda Berikan ?


Tidak dapat dipungkiri bahwa orang sukses memberikan nilai tertentu kepada orang-orang yang membutuhkan. Maka pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri apabila Anda ingin sukses adalah, “ Nilai apa yang dapat Anda berikan ?” 
 

Jika Anda berbinis, berikan sesuatu yang bernilai kepada pelanggan Anda. Bila Anda bekerja, berikan sesuatu yang bernilai pada atasan atau perusahaan Anda. Semakin tinggi nilai yang dapat Anda berikan, semakin tinggi nilai tawar Anda. 

Keahlian memiliki nilai. Jadilah Anda seorang ahli atau expert. Martha Tilaar menghabiskan waktu cukup lama untuk menjadi seorang ahli kecantikan dan jamu, dan keahliannya merupakan nilai yang tinggi untuk jutaan wanita Indonesia yang membutuhkan tips untuk merawat diri dan menginginkan tampil lebih cantik.  Beliau menjadi pengusaha wanita yang sukses dengan produk kosmetik Sariayu.

Pengertian memiliki nilai. Mau mengerti terhadap kebutuhan orang lain atau pihak lain juga dapat membuat orang sukses. Harry Rosen menjual jas, tapi nilai yang telah membesarkan Harry Rosen Men’s Clothing adalah pengertian : “ Aku punya formula tersendiri untuk kesuksesan, yaitu mengerti pelanggan, mampu peka dan berkomunikasi dengan setiap pelanggan, dan menunjukkan busana yang paling tepat untuk mereka.”

Houtman seorang OB yang berhasil menjadi pimpinan tertinggi sebuah bank internasional City Bank sangat peka dan mengerti apa yang dibutuhkan perusahaan tempatnya bekerja sehingga menjadi seorang pekerja yang sukses dalam berkarir. Mungkin, sepanjang sejarah hanya beberapa gelintir orang yang mampu melakukannya.

Informasi juga memiliki nilai, dan Anda tidak harus berkecimpung di dalam industri majalah atau koran untuk memberikan nilai ini. Banyak bisnis yang sukses dengan memberikan penjelasan melalui brosur-brosur yang dapat dibaca oleh semua orang. Dalam sekejap, kita dapat memberikan edukasi pada banyak orang tanpa harus kelelahan menjelaskan orang per orang.

Solusi memiliki nilai. Orang-orang berlomba menciptakan solusi yang memberi nilai bagi masyarakat supaya bisa sukses. Pest Controller menjadi pemecah masalah masyarakat terkait tikus. Deodorant menjadi solusi bagi orang-orang yang mempunyai masalah dengan bau badan. 

Rahasia bisnis yang sesungguhnya adalah menyingkap nilai. Cari nilai apa yang bisa Anda tawarkan. Selalulah siaga untuk mencarinya setiap hari lalu menyingkap nilai tersebut, karena itulah kompetisi sesungguhnya. Jadi Anda jangan berpikir,” Apa yang bisa kudapatkan dari hal ini ? Berpikirlah, “Nilai apa yang dapat saya berikan kepada orang lain ?” Semakin tinggi nilai tersebut, semakin tinggi yang bisa Anda peroleh. 

Demikian juga dengan seorang karyawan. Karyawan yang sukses adalah karyawan yang memberikan nilai paling besar bagi perusahaannya. Mereka mencari terus menerus dengan berpikir, berinisiatif, membuat terobosan untuk menyingkap nilai itu, bukan menunggu keberuntungan promosi datang menghampiri mereka. Mereka memperjuangkannya.

Ketika Anda memiliki sesuatu yang bernilai tinggi untuk ditawarkan kepada orang lain, mereka akan menghargai Anda, menganggap Anda adalah seorang ahli di bidang tersebut, dan tiba-tiba Anda berpikir, “ Saya sungguh berharga.” Albert Einstein, fisikawan termasyhur berkata, “ Berjuanglah bukan demi kesuksesan, tapi demi nilai.”

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar