Senin, 02 Juni 2014

Besar Itu Luar Biasa


Beberapa bulan terakhir, setiap kali bertemu dengan teman, sebagian  besar dari mereka berkata, “ Tampak lebih kurusan.” Sebagian lagi mengatakan,” Lebih baik begini, jangan terlalu besar.” Seolah besar menjadi satu hal yang kurang baik, atau menakutkan. Kaum hawa juga sangat menghindari kalau dibilang besar.

Banyak orang menghubungkan antara “ besar “ dengan sesuatu yang “ buruk “. Raksasa yang jahat dan beruang besar yang ganas, atau dinosaurus yang mengerikan. Padahal, buruk tidak berarti besar atau besar berarti buruk. Keduanya sama sekali tidak berhubungan.

Sekarang hubungkan “ besar “ dengan “ sukses“, maka yang pertama terpikir oleh kebanyakan orang adalah sulit, rumit, makan waktu dan menguras tenaga. Sulit diraih dan rumit dilaksanakan adalah kesimpulan yang mereka ambil. Karena suatu alasan, mereka takut membayar terlalu mahal harga sebuah kesuksesan besar.

Ketika kita menghubungkan besar dengan buruk, kita mengaktifkan pola pikir yang sempit. Dan saat kita meyakininya sebagai yang buruk, pola pikir kecil menguasai hari-hari kita dan sesuatu yang besar akan menjauh dan tidak pernah mendatangi kita. Agar tidak terancam bahaya, kita tidak beranjak dari tempat kita berdiri, mencari aman dan menurunkan potensi kita.

Sabeer Bhatia tiba di Amerika hanya berbekal 250 dolar dalam sakunya, tetapi dia tidak sendirian. Sabeer datang dengan rencana-rencana besar dan percaya bahwa ia mampu menumbuhkan sebuah bisnis lebih cepat dari bisnis manapun dalam sejarah. Dan ia membuktikannya dengan menciptakan Hotmail. Microsoft segera membelinya 400 juta dolar karena melihat perkembangan Hotmail seperti meteor. 

Menurut mentornya, Farouk Anjani, kemampuan Sabeer berpikir besar berhubungan langsung dengan kesuksesan yang diraihnya. Bahkan sebelum ia memiliki produk, sebelum mendapatkan uang untuk mendukungnya, ia sudah yakin betul bahwa ia akan membangun sebuah perusahaan besar yang bernilai ratusan juta dolar.

Berpikir besar penting sekali untuk mendapatkan hasil-hasil besar. Aturan baku dalam hal ini adalah melipatduakan apa pun dalam kehidupan Anda. Jika sasaran Anda sepuluh, coba ajukan pertanyaan : “ Bagaimana saya dapat meraih dua puluh ?” Tetapkanlah sebuah sasaran jauh di atas yang Anda inginkan. Dengan menggunakan cara berpikir ini maka Anda akan memaksimalkan kemampuan Anda untuk pencapaian yang lebih besar.

Besar berarti dahsyat, luar biasa atau istimewa. Carilah kehidupan yang besar maka itu sama dengan meraih kehidupan luar biasa yang dimungkinkan bagi Anda. Untuk hidup secara luar biasa, Anda harus berpikir besar. Artinya Anda harus terbuka terhadap kemungkinan bahwa hidup Anda dan apa yang dapat Anda raih dapat menjadi besar.

Jangan takut terhadap hal-hal besar. Jangan takut menjadi besar. Takutlah terhadap keharusan membatasi diri Anda di tingkat sedang. Takutlah terhadap kehilangan semangat untuk menikmati hidup yang luar biasa padahal hidup hanya sekali. 

Apabila kita takut menjadi besar, entah kita sadari atau tidak, kita sedang menindas peluang ke arah itu.  Jangan biarkan pemikiran kecil memangkas kehidupan Anda menjadi lebih kecil dari yang seharusnya dapat Anda peroleh.

Berpikirlah besar, gantungkan cita-citamu setinggi langit, lanjutkan dengan tindakan yang berani dan tidak takut gagal. Lalu saksikan seberapa besar Anda dapat memaksimalkan hidup Anda.

Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.


Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Donald Trump berkata: "jika kamu memang mau berpikir, lebih baik berpikirlah tentang hal yang besar"
    Mari kita pikirkan hal-hal yang besar dan berusaha maksimal untuk dapat meraihnya.
    Salam Sukses Hidup Luar Biasa.

    BalasHapus