Saya lupa kalau mempunyai sebuah rekening tabungan di salah satu bank, karena jarang sekali dipergunakan. Ketika saya lihat, ternyata saldonya berkurang karena saldonya kecil sehingga bunganya lebih kecil dari biaya administrasi. Saya pun lupa tidak pernah melakukan setoran untuk meningkatkan saldo.
Rekening
bank dapat menjadi perumpamaan yang menggambarkan emosi hubungan antar
personal. Rekening ini menggambarkan besarnya perasaan aman yang Anda miliki
dalam berhubungan dengan seseorang. Kepercayaan yang terkumpul dalam suatu
hubungan di dalam rekening bank emosi.
Jika
saya melakukan setoran ke dalam rekening bank emosi antara saya dengan Anda,
dengan cara bersikap sopan, ramah, jujur dan memenuhi komitmen yang saya buat,
maka saya meningkatkan saldo. Kepercayaan meningkat, komunikasi menjadi mudah dan
lancar.
Ada
sebuah restoran yang menyajikan sup tiram yang amat enak dan pada jam makan
siang selalu dipenuhi pelanggan setiap hari. Kemudian, restoran itu dijual, dan
pemilik yang baru hanya fokus pada meraih laba sebanyak-banyaknya, dia
memutuskan menambahkan air pada kuah supnya.
Selama
sekitar satu bulan, pendapatan tetap tinggi tapi biaya berkurang, hasilnya
adalah laba yang meningkat pesat. Tapi lambat laun, sedikit demi sedikit, para
pelanggan mulai tidak kembali lagi. Kepercayaan hilang dan restoran semakin
lama semakin sepi, sampai kosong melompong.
Si
pemilik baru restoran berusaha untuk membuat pelanggannya kembali datang dengan
tidak lagi menambahkan air, tapi tidak berhasil. Dia telah melukai hati dan
melanggar kepercayaan mereka, dan hilanglah aset yang berharga yakni kesetiaan
pelanggan. Penyesalan yang datang kemudian.
Jika
ingin dipercaya, jadilah orang yang layak dipercaya. Untuk mempertahankan
kepercayaan orang yang ada di sekitar kita, bersikaplah setia pada orang yang
sedang tidak bersama kita. Manusia pada umumnya, secara naluriah akan
mempercayai orang yang berkepribadian didasarkan pada prinsip yang benar.
Seorang
pegawai merasa seolah-olah kontribusi-kontribusinya di tempat kerja hampir
tidak pernah diakui dan dihargai, sehingga dia mengajukan diri untuk berhenti
bekerja di perusahaan itu. Masalah kepercayaan memang mempengaruhi semua orang.
Ada
orang yang mendapat kepercayaan sepenuhnya karena kita tahu karakter mereka.
Tidak peduli apakah mereka fasih bicara ataupun tidak, tidak peduli apakah
mereka punya teknik komunikasi yang baik ataupun tidak. Kita tetap mempercayai
mereka dan bisa sukses bekerja sama dengan mereka.
Kepercayaan
adalah pengikat kehidupan dan merupakan unsur terpenting dalam komunikasi
efektif. Juga merupakan prinsip dasar yang menyatukan semua hubungan. Jikalau Anda sudah memperoleh
kepercayaan, suatu ketika Anda membuat kesalahan, tidak terlalu menjadi
persoalan. Orang lain tahu siapa Anda.
Penuhilah
rekening bank emosi Anda dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat untuk orang
lain, maka saldo Anda akan meningkat. Anda akan menjadi pandai menciptakan
‘kepercayaan’, yang melandasi dan mempengaruhi kualitas setiap hubungan, setiap
komunikasi, setiap proyek kerja, setiap usaha bisnis dan setiap upaya kita
melibatkan diri untuk sukses.
Salam
SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.