Sabtu, 16 Agustus 2014

Kesamaan


Pada jaman saya masih muda, pertemanan dan kesamaan berjalan beriringan. Mulai dari bertemu, berkenalan, berbincang kemudian berteman dan saat menemukan kesamaan akan menuju kesukaan dan pertemanan yang lebih dalam. Namun pada era digital, pertemanan, kesamaan dan kesukaan bisa hadir sebelum kita saling bertegur sapa.

Pada jaman sekarang orang-orang bisa menjadi follower Anda di Twitter atau berada dalam group Facebook yang sama, atau menekan tombol ‘like’ untuk status, tulisan atau video Anda sebelum Anda bertemu dengannya. Seringkali kesamaan ditunjukkan beberapa kali meskipun tidak pernah bertemu. Rasa suka menjadi pintu yang sempurna untuk pengaruh.

Saat seseorang bergabung dengan group Facebook yang sama, mengikuti blog Anda, atau memberi komentar dalam sebuah situs, berarti dia berkata ‘ya’ kepada Anda. Hal ini memberikan posisi yang kuat jika Anda ingin memengaruhi orang tersebut. Semakin besar kemungkinan yang Anda dapatkan untuk membuat orang tersebut terus setuju dengan Anda.

Mendapatkan kata ya jauh lebih mudah apabila Anda memulai dengan kata ya. Dan ketika kita mulai dengan kata ya, pada level yang paling dasar kita menciptakan kesamaan. Namun untuk mengubah kesamaan menjadi pengaruh, harus terdapat fondasi empati. Kita harus bisa secara konstan melihat interaksi dari sudut pandang orang lain agar kita tahu apa yang diinginkan orang lain, bukannya memaksa mereka berkata ya.

Dalam komunikasi Anda harus menawarkan kepada mereka apa yang mereka inginkan jikalau Anda ingin untuk memulai dengan kata ya dan kemudian terus menjaganya. Hanya dengan begitu Anda berada pada level kepercayaan yang mengijinkan Anda untuk lebih percaya diri menyodorkan tawaran Anda kepada orang lain, entah itu berupa sebuah produk, jasa atau misi.

Seperti hukum magnet yang disebut oleh penulis John C.Maxwell, dimana ia menulis,” Pemimpin yang efektif selalu mencari orang-orang baik.” Coba pikirkan, apakah Anda tahu siapa yang Anda cari saat ini ?  Menurut Anda pegawai sempurna seperti apa ? Sifat-sifat semacam apa yang dimiliki olehnya ? Apakah Anda mencari pemimpin ? Apakah Anda peduli jika usia mereka dua puluhan, empat puluhan atau enam puluh tahun ? 

Sekarang, apa yang menentukan ? Apakah orang-orang yang Anda inginkan adalah orang-orang yang Anda dapatkan, apakah mereka memiliki sifat-sifat yang Anda inginkan ? Anda mungkin akan terkejut dengan jawabannya. Percaya atau tidak, siapa yang Anda dapatkan tidak ditentukan oleh apa yang Anda inginkan, tetapi ditentukan oleh ‘siapa diri Anda’. 

Kalau Anda ingin mendapatkan orang-orang yang seperti Anda inginkan, maka diri Anda harus menjadi orang seperti itu. Kalau Anda ingin orang baik, maka Anda harus baik. Kalau Anda ingin orang yang jujur, maka Anda pun harus jujur. Kita selalu tertarik kepada mereka yang memiliki kesamaan dengan kita, sehingga seolah terjadi kesepakatan tanpa disadari.

Menetapkan kesamaan sejak awal adalah bentuk baru dari kata ya. Semakin banyak kata ya yang Anda dapatkan di awal, semakin besar kemungkinan Anda berhasil mendapatkan kata ya untuk banyak hal lainnya seperti ide, solusi, atau transaksi Anda.

Carilah ‘kesamaan’ secepat dan sesering mungkin.


Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Terima-kasih Pak, atas tambahan ILMU-nya,...

    dalam salah satu seminar-nya, MR JOHN EARL SHOAFF (Guru-nya JIM ROHN)
    berkata; . . .

    We are creators. Nothing comes to us. Everything comes through us, from us.
    Everything in this world that happens to us comes from here, not out here.
    And everything that you have in your life is exactly what you’ve designed. . .
    The dress you're wearing,
    the coat you're wearing,
    the tie you're wearing,
    the necklace you're wearing,
    the home you're living in,
    the neighbors you've got,
    the friends you've got and the Distributors you've got,

    (Kemudian Mr Shoaff meningkatkan VOLUME suara-nya) dan mengatakan; . . .

    "So don't blame ME for people that you attracted !" . . .

    (Kemudian terdengar Suara Tepuk-Tangan yang sangat Luar Biasa meriah sekali dari Para AUDIENCE, ini Satu Seminar yang Sangat Antusias dan Sangat Luar Biasa Sekali menurut
    saya meskipun hanya AUDIO saja).

    Terima Kasih Pak Han,...
    SALAM SUKSES, HIDUP LUAR BIASA !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga, mas Nuzul. Anda selalu memberikan warna pada tulisan saya dengan komentar-komentar Anda, semoga semakin bermanfaat bagi para pembaca blog ini. Indahnya berbagi. Teruskan berpartisipasi kalau Anda tidak keberatan.

      Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.

      Hapus