Rabu, 16 Oktober 2013

Mengelola Kata Kata

Saya barusan mendapat email dari HRExcellency Club yang berjudul Mempengaruhi Hidup Orang Dengan Kata-Katamu ! Ada yang menarik, tentang kesimpulan penting soal kata-kata yang ingin saya sampaikan disini. Salah satunya adalah demikian bunyinya : “Hati-hati, kata-kata dari orang lain dan yang kamu ucapkan bisa disalah tanggapi, makanya harus KLARIFIKASI.

Klarifikasi merupakan hal penting untuk menghindari salah tanggap, karena salah tanggap bisa fatal akibatnya. Seperti kisah Napoleon Bonaparte, yang berencana melepaskan 1200 orang tawanan Turki. Saat menginspeksi pasukan Napoleon sedang batuk. Ia berkata “ Ma sacre toux “ (batuk sialan). Tapi perwira pendamping mendengarnya berkata “Massacre touz” (bunuh semua). Tanpa basa-basi sang perwira lari dan bertindak cepat. Akibatnya seluruh 1200 orang tawanan Turki dibunuh. Sepele, hanya karena batuk sang Jendral dan pendengaran perwira yang error. Serem sekali, kan ?!


Emile de Girardin pernah mengatakan, “ Kekuatan kata-kata sangatlah besar. Sebuah kata yang dipilih dengan baik sering kali cukup untuk menghentikan pengerahan pasukan, untuk mengubah kekalahan menjadi kemenangan, dan untuk menyelamatkan sebuah kekaisaran,” Jika kita ingin memastikan bahwa kata-kata kita memiliki bobot tertentu, timbanglah kata-kata tersebut dengan baik. Berita bagusnya, apabila kita mau mengelola pemikiran kita dan mau memanfaatkan waktu berpikir yang terfokus, kita akan mengalami kemajuan dalam mengelola kata-kata kita.

Seorang pimpinan perusahaan besar bercerita tentang pengalamannya saat melakukan pekerjaan pertamanya setelah meraih gelar sarjana. Saat itu ia akan  melakukan presentasi penjualan penting ke seseorang, dan ia memutuskan meminta pimpinan tertinggi perusahaan untuk menyertainya. Ketika mereka tiba disana, si pemuda dengan sangat antusias melakukan presentasinya, dan tidak bisa berhenti berbicara sehingga tidak memberi kesempatan kepada atasannya untuk melakukan apa pun kecuali menjadi penonton hingga akhir kunjungan mereka. Saat mereka kembali ke mobil, atasan si pemuda berkata,” Seharusnya saya tinggal di kantor saja.” Ia menjelaskan betapa kehadirannya itu tidak ada gunanya. Hari itu, si pemuda mendapat pelajaran penting dan luar biasa tentang tetap “berada pada batasannya” saat bersama pimpinan seniornya. Jika Anda memiliki sesuatu yang bermanfaat untuk dikatakan, katakan secara singkat dan baik. Jika Anda tidak dapat melakukannya, kadang hal yang paling baik untuk dilakukan adalah tetap diam. Pada saat berurusan dengan karyawan, kita pasti pernah dengar atau memikirkan kata-kata sebagai berikut,”Tunjukkan kepada saya, apa yang bisa Anda lakukan, jangan hanya memberi tahu apa yang akan Anda lakukan.” Pemimpin menghargai aksi. Jika mereka meluangkan waktu yang cukup lama untuk mendengarkan, maka kata-kata yang mereka dengar harus memiliki nilai tersendiri. Buatlah agar kata-kata kita diperhitungkan.

Sahabat-sahabatku yang luar biasa,

Setiap kata yang kita ucapkan mempunyai dampak bagi diri kita maupun orang lain. Pilihlah kata-kata yang positif, kata-kata yang konstruktif atau membangun, kata-kata yang membawa kebaikan, kata-kata yang menyemangati setiap orang, sehingga kata-katanya selalu dinantikan oleh banyak orang.

Jadilah orang yang hebat luar biasa karena kata-katamu.


Salam Sukses, Hidup Luar Biasa.
Comments
5 Comments

5 komentar:

  1. kehidupan kita mengikuti perkataan kita..



    Salam Luar Biasa.

    BalasHapus
  2. Setuju sekali..... marilah kita membiasakan diri dengan kata-kata yang positif dan konstruktif seperti beliau sampaikan diatas ....
    karena kata-kata yang kita ucapkan akan mencerminkan diri kita yang sebenarnya..... orang lain akan menilai baik buruknya kita dari perkataan yang kita ucapkan....
    hindari kata kata yang keras menyakitkan dan dapat melukai orang lain karena lidah lebih tajam dari sebuah pisau...

    Pepatah mengatakan " Mulutmu, Harimaumu "...


    Salam Sukses Luar Biasa..

    BalasHapus
  3. Hebat ,,,,Luar biasa

    Kekuatan dari Ketulusan dengan kelembutan mengutarakan kata yang tepat dan benar ,...
    akan membuat rasa dimanapun kita dan orang lain berada tenang dan nyaman........
    Ayo sahabat yang hebat ,,,,berkatalah dengan hal2 positif,,,dan maknailah kata dengan selalu berpikir positif....yakinlah pasti akan menjadi positif,,

    Salam sukses Hidup Luar biasa

    BalasHapus
  4. Guruh Kurniawan ERTE ne . Sampang20 Oktober 2013 pukul 18.31

    SEMANGAT .... SEMANGAT .... SEMANGAT ....

    BalasHapus
  5. Seonggok airpun akan berbeda jika diberi kata-kata yang positif (Masaru Emoto),
    molekul air tersebut berubah menjadi bentuk yang indah saat diberikan musik dan kata yang positif, sebaliknya jika diberi kata negatif maka molekul tersebut tidak memiliki bentuk.

    Saya rasa ini juga sama seperti percakapan Kita sehari-hari, ucapan-ucapan Kita dapat menjadi positif ataupun negatif untuk orang lain. Bagaimana kita bisa memilih kata-kata yang baik, mengkomunikasikannya dengan tepat (intonasi, bahasa tubuh). Dari kata-kata yang kita ucapkan, orang lain pun dapat menilai seperti apakah diri kita.
    Terima kasih

    Sala SUKSES, HIDUP LUAR BIASA

    Aziz - Ngasinan

    BalasHapus