Sabtu, 26 Oktober 2013

SPBU Milik Mr. Dunsmuir


Barusan saya mendapat bbm dari seorang teman, tentang SPBU milik Mr.Dunsmuir, seorang pebisnis sekaligus motivator, di Victoria-British Columbia, Canada. Cerita ini mungkin dapat menginspirasi kita bahwa pekerjaan yang sederhana, biasa, apabila dilakukan dengan luar biasa, maka hasilnya juga luar biasa.

Pada umumnya SPBU di AS dan Kanada adalah self service, pelanggan mengisi sendiri tanpa bantuan operator. Namun di SPBU miliknya, ada 4 pekerja yang melayani setiap mobil yang datang.

Pekerja 1, akan membukakan pintu dan mempersilahkan penumpangnya keluar, kemudian segera membersihkan tempat duduk dan interior kendaraan dengan menggunakan mesin penghisap debu.

Pekerja 2, membuka kap mobil untuk memeriksa air radiator, dan pelumasnya.

Pekerja 3, mengisi tangki bahan bakar sambil membersihkan semua kaca jendela mobil.

Pekerja 4, akan memeriksa tekanan ban kendaraan, apabila kurang akan diberikan tambahan tekanan sesuai yang diinginkan oleh pemilik mobil.


Semua kegiatan ini dilakukan dengan standar yang profesional, ramah dan bersahabat. Kebanyakan pekerjanya adalah anak muda. Menjadi petugas spbu atau pompa bensin tentu bukan profesi idaman bagi banyak orang, karena bukan pekerjaan dengan standar gaji tinggi. Namun Mr. Dunsmuir selalu memotivasi dan menekankan bahwa sangat mungkin  pengemudi mobil yang mereka layani adalah calon bos mereka. Jika mereka melayani dengan baik dan bersemangat, itu akan menjadi promosi yang baik untuk diri mereka. Faktanya memang demikian, banyak pekerja SPBU itu kemudian direkrut oleh para pemilik perusahaan yang terkesan dengan etos kerja mereka saat mengisi bahan bakar di SPBU tersebut. Hal itupun memotivasi para pekerja untuk selalu melayani dengan prima, dan SPBU itu seolah-olah menjadi batu loncatan dan kampus kehidupan bagi mereka.

Tak heran spbu itu selalu kebanjiran pelamar. Dan reputasi SPBU yang lain dari pada yang lain, dengan pelayanan istimewa, membuatnya selalu ramai dikunjungi para pelanggan. Yang tak kalah menarik, para mantan pegawai Mr.Dunsmuir juga kemudian selalu setia mengisi bahan bakar disitu.

Sahabat-sahabatku yang luar biasa,

Kita bisa menarik kesimpulan, bila kunci suksesnya adalah service excellent dan karyawaan yang termotivasi. Hal ini juga berlaku bagi setiap orang, tidak hanya karyawan SPBU saja, termasuk kita. Walaupun pekerjaan yang sekarang kita lakukan mungkin bukan pekerjaan impian kita, namun jika kita melakukan dengan sungguh-sungguh, penuh keseriusan, menggunakan hati, itu akan membawa kita kepada “Promosi” yang sesungguhnya. Anda tidak akan pernah rugi memberikan pelayanan yang terbaik. Menolong orang lain berarti menolong diri sendiri.

Berikan yang terbaik, karena Anda sedang mempromosikan diri Anda kepada setiap orang ! Masih ogah-ogahan ? Masih malas ? Kebangetan...


Salam SUKSES, HIDUP LUAR BIASA.
Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Sahabatku yang hebat-hebat, sesungguhnya kalau kita melakukan pekerjaan penuh dengan ketulusan, keikhlasan maka kita akan meraih keberhasilan yang luar biasa.
    Cerita diatas tadi mengingatkan kita untuk lebih mengenali diri sendiri dan meningkatkan SDM kita dan membentuk pola pikir kita menuju sesuatu yang lebih hebat dan maju.
    Tuhan telah memberikan anugrah pada kita yaitu berupa akal pikiran yang sehat, marilah kita gunakan untuk berbuat sesuatu yang lebih baik dengan melakukan pekerjaan kita secara sungguh-sungguh dan maksimal. Percayalah orang lain akan menilai diri kita dan Tuhanpun akan memberikan sesuatu yang terbaik buat kita. Kita harus yakin dengan ini semua.
    Dengan kita melakukan pekerjaan kita ataupun aktivitas kita dengan sungguh-sungguh sama saja kita melakukan yang terbaik untuk orang lain juga.

    AYO HIDUP LEBIH SEMANGAT LAGI!!!

    Salam sukses, hidup luar biasa

    RAJIMAN ANTOKO

    BalasHapus